Kamis, 18 November 2010

Hemat Energi Listrik


Hemat Energi Listrik


PENTINGNYA KESADARAN HEMAT ENERGI  ;



Keberadaan sumber energi dalam kehidupan kita dewasa ini telah menjadi kebutuhan yang sangat vital. Hal ini cukup beralasan, karena sektor ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat, sekaligus berfungsi sebagai input bagi keberlangsungan sektor lainnya. Seiring perkembangan berbagai sektor seperti Industri, jasa transportasi dan pelayanan umum lainnya energi listrik merupakan faktor yang mendukung setiap aktivitas.
Besarnya kontribusi sektor energi dalam kehidupan masyarakat tentunya berdampak pada tingginya volume penggunan energi listrik. Terlebih lagi dewasa ini sebagian besar alat bantu pekerjaan manusia, menggunakan listrik sebagai sumber energi. Pada sisi lain, peningkatan ketersediaan pasokan energi listrik tidak secepat pertambahan kebutuhan, sehingga terjadi ketimpangan antara supply dan demand, yang berakibat pada semakin melambungnya harga energi. Dalam konstelasi perekonomian nasional, kondisi ini sangat tidak menguntungkan, terlebih lagi dengan melambungnya harga minyak dunia yang semakin mengkhawatirkan.
Sebagai bentuk antisipasi, berbagai upaya konkrit telah dilakukan seperti gerakan penghematan energi. Namun demikian, hal ini masih belum mampu menghasikan perubahan yang signifikan, karena belum didukung oleh perubahan pandangan dan perilaku masyarakat dalam hal penggunaan energi. Menyadari dan memahami pentingnya energi bagi kehidupan masyarakat maka sudah saatnya bagi kita untuk mengoptimalisasikan peran masing-masing dalam rangka penghematan energi. Setiap orang seyogyanya turut mengambil peran semaksimal mungkin melalui langkah nyata penghematan energi, yang diiringi dengan kesadaran pentingnya hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar